Sabtu, 12 Maret 2016

MANFAAT BUAH KELENGKENG,ALPUKAT, DAN BUAH NAGA



10 Manfaat Buah Kelengkeng


1. Anti-depresan

     Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

2. Membantu kerja jantung dan limpa

     Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkengkeng memperingan kerja jantung dan limpa. Kelengkeng juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.

3. Mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup

     Bersama dengan polifenol, kelengkeng dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel.  Kelengkeng juga bisa mengurangi risiko terserang beberapa tipe kanker.

4. Melancarkan sirkulasi darah

     Ini mengapa kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Diet

     Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

6. Sumber energi

     Meskipun memiliki lemak dan kalori yang rendah, kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

7. Mencegah Demam dan Flu 

     Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

8. Kesehatan kulit

     Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ­anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

9. Biji kelengkeng dapat mengobati gigitan ular

     Mengurut daerah yang digigit oleh ular dengan biji kelengkeng dapat menghisap racun sekaligus menyembuhkan lukanya.

10. Biji Kelengkeng menjaga kesehatan rambut

     Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

11. Mengatasi nafsu makan hilang, limpah lemah dan diare

     Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

12. Luka bakar

     Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

13. Luka luar yang tak kunjung sembuh

     Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

14. Mengatasi Jari kaki gatal dan bernanah

     Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

15. Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)

     “Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.
Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit
Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

16. Lemah dan kurang tenaga saat hamil

     Minumlah setiap hari satu sendok “tonik lengkeng” pada pagi dan malam hari.

17. Menyehatkan Usus

     Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, 

18. Melancarkan Berbagai Penyakit


     melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia. 

19. Peluruh Kencing dan Sirkulasi Darah

     Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. 

20. Antiradang dan Peredam Demam

     Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam. 

21. Menghilangkan Rasa Sakit dan Menghentikan Pendarahan

     Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. 

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan



1. Mencegah Kanker Prostat

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah untuk mencegah kanker prostat, alpukat mampu mencegah dan menekan pertumbuahn kanker prostat. 

2. Mencegah Kanker Mulut

Selain itu, manfaat buah alpukat yang sangat luat biasa lagi adalah dapat mencegah kanker mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa zat tertentu pada apokat dapat menemukan dan mematikan sel penyebab kanker mulut tanpa melukai sel yang sehat.

3. Pencegahan Kanker Payudara

Pokat atau alpukat juga bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Apokat seperti halnya minyak olive mengandung banyak asam oleat yang dapat mencegah kanker payudara pada banyak studi.

4. Kesehatan Mata

Apokat mempunyai lebih banyak kandungan karotenoid daripada buah-buah yang biasa dikonsumsi lainnya. Zat ini melindungi terhadap penurunan penglihatan serta katarak, dua penyakit mata yang disebabkan oleh usia.

5. Menurunkan Kolesterol

Apokat banyak mengandung beta-sitosterol, sebuah zat yang terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Pada sebuah studi yang terdiri dari 45 sukarelawan mengalami penurunan kolesterol hingga 17% setelah mengkonsumsi apokat banyak selama satu minggu.

6. Kesehatan Jantung

Satu cangkir apokat mengandung 23% dari nilai asupan asam folate yang dianjurkan. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah daripada yang tidak. Vitamin E, lemak tidak jenuh dan glutathione pada apokat juga sangat baik untuk jantung Anda.

7. Pencegahan Stroke

Kandungan folate yang tinggi pada apokat juga mencegah stroke. Orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena stroke yang lebih rendah daripada yang tidak.

8. Penyerapan Gizi yang Lebih Baik

Penelitian menemukan bahwa beberapa jenis gizi dapat diserap dengan lebih baik apabila dikonsumsi bersama apokat. Pada sebuah studi, ketika para peserta mengkonsumsi salad yang mengandung apokat, mereka dapat menyerap lima kali jumlah karoten (sekelompok gizi termasuk lycopene dan beta karoten) daripada mereka yang tidak mencampurnya dengan apokat.

9. Sumber Glutathione

Apokat adalah sumber yang baik dari glutathione, sebuah anti oksidan penting yang oleh para peneliti diketahui dapat mencegah penuaan, kanker dan serangan jantung.

10. Sumber Vitamin E

Apokat adalah buah yang merupakan sumber dari vitamin E, vitamin utama yang melindungi dari banyak penyakit dan membantu menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

11. Tekanan darah

Buah alpukat diketahui bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat.

12. Mengontrol gula darah

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan begitu, kandungan ini juga membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

13. Melindungi dari kanker

Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Meski begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas.

14. Mencegah peradangan

Penelitian juga menunjukkan bahwa selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

15. Meningkatkan berat badan

Mengonsumsi alpukat adalah cara yang sehat untuk meningkatkan berat badan. Alpukat mengandung kalori yang cukup dan banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan. Jika Anda terlalu kurus dan butuh meningkatkan berat badan, alpukat bisa jadi salah satu sahabat Anda.

16. Menyehatkan kulit dan rambut

MInyak alpukat seringkali digunakan dalam kosmetik untuk melembapkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, alpukat juga mengandung bahan yang bisa membuat rambut sehat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat akan melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari.

17. Menangkal radikal bebas

18. Penyembuh Sakit Maag

 19. Kecantikan Kulit dan Wajah

20. Mencegah Penyakit Spina Bifida

21. Mencegah Penuanaan Dini 

22. Mengurangi Keripu

Antioksidan dan asam amino yang terkandung dalam alpukat juga dapat membantu untuk membuang racun yang Mengakibatkan penuaan dini dan kerutan pada kulit.

23. Membersihkan kulit

 Kaya vitamin A, alpukat membantu untuk mengangkat sel kulit mati dari tubuh Anda. Minyak buah ini dapat dengan Mudah diserap oleh kulit dan cocok dijadikan lotion untuk memijat. Minyaknya dapat meresap jauh ke dalam dan mampu memberi nutrisi pada Lapisan kulit. Pada gilirannya, ini membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit Anda.

24. Pelembab kulit

Alpukat juga bisa melembabkan kulit super kering. Campur 1 buah alpukat, satu telur, 2 sendok teh oatmeal, dan satu Sendok teh lemon juice. Tempelkan ke wajah dan kemudian biarkan selama 15-20 menit, kemudian bershikan dengan air hangat. Lakukan hal Ini 2 kali seminggu dan Anda akan mendapatkan kulit yang indah.

25. Mengobati Sariawan

Ambil satu buah alpukat yang sudah masak, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Ini merupakan cara yang enak untuk mengobati sariawan. 

26. Mengatasi kulit wajah kering

Daging buah alpukat yang sudah matang dilumatkan sampai seperti bubur. Kemudian, adonan tersebut digunakan untuk masker, dengan cara mengoleskannya pada muka yang kering. Biarkan kurang lebih 2 jam, kemudian bilas wajah dengan air dingin. 

27. Sakit gigi berlubang

Ambil satu biji akpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Gunakan sedikit bubuk biji alpukat tersebut dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicocokkan ke dalam gigi yang berlubang. 

28. Bengkak karena Peradangan 

Biji buah alpukat dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk dari biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit. 

29. Kencing manis

Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum airnya setelah dingin. 

30. Rambut Berkilau

Haluskan sebuah alpukat matang, kemudian campur dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo.
  • Alpukat yang sudah dikupas lalu dihancurkan.
  • Kemudian siapkan santan secukupnya.
  • Cara pemakaiannya dengan mencampurkan alpukat dan santan secara rata hingga teksturnya mengental seperti shampo.
  • Kemudian bubuhkan sedikit demi sedikit ke atas rambut anda dengan melakukan seperti menyisir agar merata ke seluruh rambut.
  • Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilaslah hingga bersih.
  • Manfaat Alpukat untuk membuat rambut berkilau, lembut dan bercahaya.
  • Ambil 1 buah daging alpukat.
  • Haluskan kemudian tambahkan 1 buah kuning telur dan setengah sendok teh minyak zaitun, aduk hingga rata.
  • Oleskan pada rambut sambil dipijat halus.
  • Diamkan selama 25 menit kemudian bilas dengan shampoo dan kondisioner sampai bersih

31. Untuk Ibu Hamil

Bagi anita hamil keadaan kulitnya menjadi sensitif karena perubahan Hormon. Zat anti aging yang terkandung dalam krim kecantikan dengan harga mahal ternyata juga terkandung dalam buah alpukat untuk mencegah Penuaan dini. Buah alpukat mengandung berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan kulit dalam pembentukkan jaringan kolagen, selain itu Buah alpukat juga mengandung nutrisi zat besi, kalsium, phospor, zodium, potasium, vitamin A, dan C, dan juga vitamin B kompleks, dan E.

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut buah alpukat juga berguna untuk mencegah penyakit Spina Bifida pada janin yang Dikandung. Spina Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Resiko tersebut akan dihambat oleh Asam Folat Yang terkandung dalam buah alpukat.

Asam folat adalah nutrisi yang penting dikonsumsi untuk ibu hamil agar calon buah hati terhindar dari cacat otak dan kerusakan sumsum Tulang belakang. Ternyata buah alpukat banyak ya manfaatnya bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.


MANFAAT BUAH NAGA

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah naga yang pertama dalah untuk mencegah kanker. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah penyakit kanker. Caranya ambilah 500 grm buah naga, kemudian diblender sampai halus dan minumlah setiap hari. 

2. Menjaga Kesehatan jantung

Selain untuk mencegah kanker, manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung akan lebih sehat lagi kalau diiringi dengan olahraga, Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga mampu menjaga kesehatan jantung kita.

3. Mencegah Diabetes Melitus

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan bisa berakibat terkena diabetes melitus. Maka dari itu, untuk menjaga terkena penyakit tersebut selain mengatur hidup sehat dan pola makan usahakan mengonsumsi buah naga. Karena didalamnya terdapat zat yang efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan Vitamin c tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Caranya ambil satu buah naga dan kupas kulitnya, haluskan. Lalu buah naga yang telah diblender dimasukkan kedalam gelas dan ambil airnya dengan sendok usapkan pada wajah. Lakukan secara teratur setiap hari. 

6. Menetralkan Racun

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin akan mampu menetralkan racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain, yang membahayakan kesehatan.

7. Merawat Kesehatan Mata

Karoten yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

8. Menghambat Penuaan Dini

Selain buah apel, ternyata buah naga juga mampu menjaga proses penuaan dini. Karena didalam buah naga terkandung antioksidan yang berfungsi untuk menghambat penuaan dini.

9. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah buah naga tersebut secara teratur setiap hari.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah naga juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Kandungan vitamin B3 yang ada dalam buah naga diyakini merupakan zat yang mampu menurunkan kadarkolesterol tersebut. Konsumsilah buah naga secara teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

11. Penambah Nafsu makan

Jika anda merupakan salah satu yang nafsu makannya kurang cobalah mengonsumsi buah naga. Kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang ada dalam buah naga mampu meningkatkan nafsu makan.

12. Obat Asma

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin dan teratur mampu mengobati masalah asma. Sebab dalam buah naga terkandung zat yang mampu menurunkan asma.

13. Naga Merah Menyehatkan Kulit

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Buah naga merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

14. Menyembuhkan Diabetes

Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

15. Meningkatkan Stamina

Ini sudah di sebutkan dibagian kandungan nutrisi buah naga.

16. Mencegah Osteoporosis

Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik.

17. Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi

18. Bagi Ibu Hamil dan Janin

Seperti yang sudah disinggung di atas, buah naga sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Jadi bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsinya untuk kesehatan janin yang dikandungnya.

19. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buha ini mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol

20. Menyembuhkan Batuk

Kandungan vitamin B3 pada buah ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk.

21. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Masih vitamin B3, vitamin ini juga dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Sehingga anda yang memiliki tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga.

22. Menyembuhkan Asma

Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, maka anda yang menderita asma secara perlahan akan mulai hilang, hal ini juga karena kandungan vitamin B3 yang terdapat di dalamnya.

23. Menurunkan Berat Badan

Nah, ini kabar baiknya untuk anda yang sedang menjalankan program diet, dengan mengkonsumsi jus buah naga merah maka akan membantu anda untuk menurunkan berat badan secara alami.

24. Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Kalau tadi di atas sudah disinggung mengenai khasiat buah naga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, maka salah satu manfaat yang akan anda ambil adalah mengatasi atau mengobati jerawat secara alami. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan jus yang sudah dibuat pada bagian muka yang berjerawat.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More